Tapak Mata Kuliah Cyber PR

ALOHA!

Tidak terasa sudah menginjak bulan Desember, artinya semester ganjil akan segera berakhir. Banyak materi perkuliahn yang sangat menarik dan penting di semester ini bagi Zia, sampai-sampai sangat sulit jika dilewatkan.  Nah, salah satunya adalah Mata Kuliah Cyber PR.

Mata kuliah ini membahas mengenai dunia kehumasan melalui media digital yang salah satunya adalah jejaring sosial media. Di mata kuliah ini juga sebagian besar komponen materi kuliahnya adalah keterampilan menulis di media social sebagai bentuk pertahanan citra perusahaan oleh seorang PRO.




(Foto: Google.com)

Jika ditanya mengenai, apa sih sebenarnya yang sudah didapatkan selama mata kuliah Cyber PR?  Jawabannya yang pasti banyak sekali dan A to Z nya tidak akan mungkin untuk dijelaskan semua.

Diawal mata kuliah Cyber PR tentunya kita diperkenalkan mengenai pekerjaan humas di media cyber, mengenai revolusi komunikasi dari mulai media kertas hingga komputerisasi, mengenai jejaring media sosial, hingga membuat sebuah event cyber yang harus mempunyai dampak bagi masyarakat.

Nah, Blog juga menjadi salah satu santapan wajib di mata kuliah ini yang tujuannya untuk melatih keterampilan menulis dan untuk mengoptimalkan buzz untuk sebuah content di blog. Selain itu juga disini mahasiswa dilatih untuk menjadikan blog sebagai diary online yang berbobot untuk disajikan kepada pembaca di dunia cyber.

Mungkin kalian juga sering ya membaca blog saya, hehe. Ketika masih banyak kekurangan mohon dimaklum, semua itu masalah proses dan keinginan. Dari sini juga kita bisa mengetahui bahwa untuk menulis butuh mood yang baik sebagai bahan utama lahirya sebuah tulisan yang siap tayang.

FYI- ternyata awalnya Cyber PR ini adalah bentukan komunikasi yang digunakan serta melibatakan imajinasi, pengiriman pesannya selalu satu arah yang dibangun untuk sebuah interaksi khusus  dan pastinya didominasi oleh komputer dan internet. Sebetulnya kalo dijabarkan Cyber PR ini merupakan komunikasi yang meliputi:

1.      Potensi network yang sangat luas
2.      Bentuk infomasi yang bersifat multimedia
3.      Interface (Perangkat penerjemah saat berhubungan melalui komputer)
4.      Adanya archive (penyimpanan)
5.      Interactivity (Komunikasi Proaktif)
6.      Simulation (Rekayasa/Pencitraan yang tidak merujuk pada kenyataan)

Selain itu sebetulnya, semua materi ajaran yang sudah didapatkan, seperti membuat dan menulis di blog, membuat  akun jejaring media sosial, membuat formulir juga bentuk research dalam Google Form, hingga membuat campaign dan  event  di dunia cyber ini tidak lain untuk menimbulkan sifat komunikasi di dunia cyber yakni:

1.      Enormitas, yaitu skala jangkauan yang besar untuk bergabung.
2.      Komunalitas, yaitu perluasan skala untuk berbagai informasi dan berkontribusi ke usaha bersama.
3.      Spesifikitas, yaitu peningkatan besar pada kekhasan ikatan yang bisa kita bentuk.
4.      Virtualitas, yaitu kemampuan menggunakan identitas virtual.

Luar biasa! Jadi selain mengenal dunia cyber,  di mata kuliah ini juga sebenarnya berkaitan dengan mata kuliah yang lainnya. Seperti keterampilan menulis yang kita lakukan juga bisa diterapkan untuk mata kuliah PR Writting, namun bedanya, PR Writting lebih kepada sarana kehumasan yang konvensional.

Selain itu juga konten-konten yang dibuat salah satunya adalah berita. Berita tidak lepas dari dunia Media Relations yang menjadi mata kuliah di Politeknik LP3I Bandung. Mata kuliah ini juga berhubungan erat dengan Cyber PR. Karena Nowadays, berita-berota juga informasi sebagai bentuk Informasi kepada media tentang perusahaan banyak dilakukan di jajaring sosial media.

Terakhir, ilmu yang kita dapatkan adalah mengenai event dan campaign cyber. Itu semua lumayan sulit karena membutuhkan ketekunan untuk berada di jejaring sosial media. Kebetulan mitra yang kita jadikan sasaran ekternal adalah BPLHD (Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup) Jawa Barat dengan gerakan Citarum Bestari-nya dengan tajuk CITRA (Citarum River Ambition). 





(Foto: Lambang CITRA PLB)

Banyak hal menarik yang dapat kita angkat. Melalui campaign dan VLOG Competition sebagai eventnya mudah-mudahan bisa menjadi penggerak masyarakat mengenai kebersihan Sungai Citarum yang sekaligus memanfaatkan media Cyber sebagai media andalan saat ini.

Ya, dari semua aspek yang ada di atas, mata kuliah Cyber PR menjadi modal lho untuk kedepannya ketika berkecimpung di dunia kehumasan. Apa yang membuat semua itu menjadi modal? Karena mata kuliah ini hampir 90 persen nya dilakukan secara praktik langsung sehingga kesulitan-kesulitan yang ada bisa diselesaikan secara langsung dan bertahap.

Kemampuan - kemampuan yang harus dimiliki mahasiswanya adalah benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan industri kehumasan saat ini lho. Bukan berarti media konvensional ditinggalkan, namun saat ini publik juga ternyata punya ketertarikan tersendiri mengenai dunia cyber yang saat ini semakin berkembang.

Tapi intinya, semua mata kuliah saling berkaitan dan bermanfaat ya. Semua bisa dibuktikan di uraian diatas tadi. Ringkasnya, sekali mendayung satu dan dua pulau terlampaui.

Ini juga membuktikan bahwa Politeknik LP3I Bandung dengan progra studinya, selalu menghadirkan mata kuliah yang Link & Match bagi mahasiswanya sesuai dengan kebutuhan pasar di dunia industri khususnya, dunia kehumasan.  

Itu dia, share mengenai manfaat dan apa yang sudah didapatkan selama menyelam di mata kuliah Cyber PR.



EmoticonEmoticon