Perjalanan yang menjadi bekal

Bonjour!

Pendapat berkata, bahwa almuni adalah salah satu faktor keberhasilan sebuah lembaga pendidikan. Setuju tidak dengan pendapat tersebut?

Yang pasti, kali ini saya akan berbagi tulisan mengenai salah satu keberhasilan alumni Politeknik LP3I Bandung khususnya di program studi Hubungan Masyarakat. Seperti apa perjalannanya selama tiga tahun kuliah di kamps kita tercinta?

Ya.. saat ditemui di ruang percakapan di salah satu jejaring sosial media, perempuan yang merupakan alumni program studi Hubungan Masyarakat angkatan 2012 ini merupakan Staff Admin di PT. Summit OTO Finance. 

"Yang paling menarik menjadi mahasiswa Hubungan Masyarakat itu, mahasiswa-mahasiswanya asyik, cerdas, berwawasan luas, setia kawan. Maka dari itu saya memutuskan untuk pindah dari program studi lain," ucap Neng Gina (21), teteh cantik bernama lengkap Gina Prasatia ini ketika ditanya mengenai alasan bergabung di program studi Hubungan Masyarakat.

 (Foto: Dokumentasi pribadi narasumber)

Ketika ditanya mengenai nostalgianya selama di bangku kuliah, gelak tawa mulai muncul dari setiap percakapan yang dibangun. Teh Gina mengaku sangat senang degan dunia komunikasi dan berbicara serta bersosialisasi dengan orang banyak adalah hobinya. Bahkan ia mengaku pernah mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang reporter TV. 

Masih berhunungan dengan pengalamannya duduk di bangku program studi Hubungan Masyarakat, saya sempat bertanya mengenai mata kuliah favorit, "PR Event, soalnya pernah mengadakan event Bandung English Speech Contest yang peserta sangat membludak," jawabnya semangat,

Teh Gina juga menambahkan bahwa dari mata kuliah PR Event tersebut banyak hal yang bisa dipelajari dan dijadikan pengalaman, dari mulai mencari sponsor hingga asyiknya mengundang peserta pada acara tersebut. Begitupun dengan mata kuliah lain seperti Communication Skill yang manfaatnya masih terasa dan menjadi bekal saat menjadi  Staff Admin di perusahaan finance tersebut.

Perempuan yang masih menempati broading house di daerah Cukang Kawung Bandung ini, bercerita tentang kebeuntungannya dapat duduk menjadi mahasiswa Hubungan Masyarakat Politeknik LP3i Bandung. banyak manfaat dan pengalaman lebih yang bisa diambil. Teh Gina juga pernah dicalonkan menjadi Calon Wakil Presiden BEM dan Ketua Himpunan Mahasiswa Komunikasi-PR (HIMASI-PR) saat itu. Selain itu juga, sebagai mahasiswa humas yang mempunyai bakat dibidang public speaking, tak jarang Teh Gina juga menjadi MC dibeberapa acara kampus hingga mnedapat fee yang lumayan menambah uang jajan. 

Politeknik LP3I Bandung sebagai lembaga pendidikan vokasi juga sedikit banyaknya telah menampung dan menyalurkan bakat mahasiswanya walaupun hanya sebatas di kegiatan kampus.

"Kampus kita tentu menampung bakat dan minat mahasiswanya, walaupun penyalurannya hanya sebatas di lingkungan kampus saja, Tapi hal itu bisa jadi ladang untuk teteh belajar khususnya dibidang MC," tambah perempuan asal Garut ini.

Saat dipertengahan percakapan kami, Teh Gina mengaku bahwa salah satu pencapaian yag sampai saat ini belum tersalurkan adalah bisa menajdi pembawa acara terkenal. Ia menambahkan bahwa itu adalah cita-cita ia sejak sebelum masuk dibangku kuliah hingga sekarang.

(Foto: Dokumentasi pribadi penulis)

Perempuan behijab yang lahir pada 5 Maret 1995 tersebut, pernah mempunyai pengalaman dibuat pusing oleh Pak Heddy dan Pak Farie (Dosen Politeknik LP3I Bandung) saat sidang, dan pada saat yudisium hasilnya adalah tidak lulus. Namun ternyata itu hanya buah lelucon dari kedua dosen tersebut dan akhirnya hasilnya lulus dengan baik.

Ia juga sempat mengulas masalah organisasi di Politeknik LP3I Bandung, ia ternyata aktif di Himpunan Mahasiswa Komunikasi-PR (HIMASI-PR) sekitar tahun 2011 hingga 2012. Banyak hal yang sudah ia lakukan saat itu, dan ia menitipkan pesan khusunya juga untuk seluruh mahasiswa program studi Hubungan Masyarakat bahwa komunikasi itu penting, jangan pernah menyepelekan apa itu komunikasi. Ia juga menambahkan bahwa keberhasilan bukan masalah kuantitas tapi kualitas dari prestasi mahasiswanya.

"Jangan sepelekan komunikasi, komunikasi itu penting, kalian boleh menjadi kaum minoritas di kampus, tapi kalian juga harus memayoritasi semuanya dengan kemampuan dan prestasi yang kalian buat di kampus," tutupnya saat diwawancarai. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Politeknik LP3I Bandung yang setidaknya dapat membuat dirinya menjadi seperti ini. 

"Politeknik LP3I Bandung? Luar Biasa." -  Gina Prasatia (21)

Nah, mungkin itu dia tulisan tentang alumni Politeknik LP3I Bandung khususnya di program studi Hubungan Masyarakat. Siapakah kisah sukses alumni yang akan saya angkat selanjutnya? Tunggu ya.. Semoga bermanfaat.



1 comments:

I like this and jangan lupa berkunjung ke www.asepeji.blogspot.com jangan lupa komennya.. Hehe


EmoticonEmoticon