Personal Branding melalui ilmu bahasa tambahan

Ohayou Gozaimasu. Ogenki desuka?
(artinya. Selamat pagi. Apa kabar?)

(Foto: Google.com)

Itu tadi merupakan ungkapan sapaan yang digunakan dalam Bahasa Jepang. Ya.. sekarang saya akan sedikit berbagi tulisan mengenai bahasa. Apa itu? yang pasti berhubungan dengan dunia ilmu komunikasi.

Bahasa merupakan struktur dan makna yang bebas dari penggunanya, sebagai tanda yang menyimpulkan suatu tujuan. Harun Rasyid, Mansyur & Suratno (2009: 126) ). Bahasa juga merupakan alat komunikasi yang efektif sehingga dapat terjalinnya hubungan atau komunikasi yang diinginkan.

Hubungan bahasa dengan dunia ilmu komunisi tentu sangat berkaitan. untuk mahasiswa ilmu komunikasi seperti saya, ilmu kebahasaan sangat diperlukan. karena proses komunikasi itu sangat luas dan tak terhitung. terlepas dari siapa yang kita ajak bicara dan darimana asalnya, maka dari itu bahasa sangat penting. 

Penting disini adalah kita harus bisa melihat fungsi bahasa sebagai alat untuk berkomunikasi. Sedangkan pekerjaan yang tersedia untuk lulusan ilmu komunikasi sangat luas. Otomatis ilmu kebahasaan itu dibutuhkan. tapi bukan hanya bahasa Indonesia atau bahkan bahasa daerah yang kita kuasai.  Hal itu menjadi nilai tambahan seorang lulusan ilmu komunikasi.

Saat ini, kemampuan berbahasa Inggris pun dinilai bukan menjadi nilai tambahan kembali, tapi sudah dinilai sebagai ilmu kebahasaan yang wajib dimiliki bukan hanya oleh lulusan ilmu komunikasi. Maka dari itu, ilmu kebahasaan yang lain harus dimiliki.

Nah, seperti yang sudah saya singgung tadi diawal sebagai pembukaan, bahasa jepang salah satunya merupakan bahasa tambahan yang sekarang sedang pelajari Selain karena memang kebutuhan, ini merupakan salah satu program dari Program Studi Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I Bandung yang menjadikan lulusannya sebagai praktisi yang memiliki ahli kebahasaan tambahan. 

(Foto; Google.com)

Selama pembelajaran di kampus, bahasa jepang adalah mata kuliah diluar penjurusan tapi penting, Karena menurut saya itu adalah modal tambahan sebagai personal branding ketika saya menjadi lulusan ilmu komuniakasi yang siap merambah dunia penindustrian komunikasi.

Mengapa kebahasaan yang lebih dinilai penting bagi dunia komunikasi? Ingat.. perindustrian komunikasi setiap tahunya mempunya sumber daya manusia yang semakin berragam dan memiliki kualitas yang luar biasa. Otomatis, kita calon lulusan ilmu komunikasi jangan sampai tertinggal dengan SDM yang lain, dalam artian harus memiliki nilai jual lebih. Nah. salah satunya lmu kebahasaan yang lebih. Apalagi saat ini kita sudah berada pada lingkaran Masyarakat Ekonomi ASEAN dimana persaingan bekerja semakin ketat.

Maka dari itu, Ayo belajar berbahasa ibu, lokal, dan asing yang baik dan benar sebagai nilai tambah untuk kita calon lulusan ilmu komunikasi.

Sekian dulu tulisan kali ini. Kita sambung dengan tulisan menarik lainnya.
Bye!


EmoticonEmoticon